Senin, 27 Agustus 2012

Seperti Apa Sih Pemimpin yang Baik Itu?


              Bercermin pada akhlaq Nabi, seorang pemimpin akan bisa berbuat adil jika paling tidak, mewarisi empatsifat Nabi. Empat sifat Nabi itu adalah Amanah (tidak korup), Fathanah (cerdas), Tabligh (mampu berdiplomasi), dan Siddiq (benar, dipercaya atau jujur).
Dalam literatur lain malah ditambahkan beberapa syarat sebagai berikut :

1. Beriman dan beramal saleh
Ini sudah pasti tentunya. Kita harus memilih pemimpin orang yang beriman, bertaqwa, selalu menjalankan perintah Allah danrasulnya. Karena ini merupakan jalan kebenaran yang membawa kepada kehidupanyang damai, tentram, dan bahagia dunia maupun akherat. Disamping itu juga harusyang mengamalkan keimanannya itu yaitu dalam bentuk amal soleh.

2. Berilmu
Para pemimpin harus mempunyai ilmu baik ilmu dunia maupun ilmuakherat. Karena dengan ilmu ini maka akan membawa perubahan ke arah yang lebih baik dalam bentuk pembangunan fisik maupun spiritual, baik pembangunaninfrastruktur maupun pembangunan manusianya itu sendiri.

3. Jujur
Ya, seorang pemimpin tentunya harus jujur. Apa yang disampaikan kepadamasyarakat tentunya harus dilaksanakan, dan apa yang dikatakannya hendaknyaharus sesuai hendakyan dengan perbuatannya.

4. Tegas
Merupakan sikap seorang pemimpin yang selalu di idam-idamkan olehrakyatnya. Tegas bukan berarti otoriter, tapi tegas maksudnya adalah yang benar katakan benar dan yang salah katakan salah serta melaksanakan aturan hukum yangsesuai dengan Allah, SWT dan rasulnya.

5. Amanah
Bertanggung jawab. Maksudnya adalah melaksanakan aturan-turan yangada dengan sebaik-baiknya dan bertanggungjawab terhadap peraturan yang telahdibuat. Dan tentunya peraturan yang dibuat itu yang berpihak kepada rakyat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;